CARA MUDAH UNTUK MENGUJI KEAMANAN WEBSITE


Untuk menguji ketahanan website, kita tidak perlu menunggu hacker datang menyerang. Akan lebih baik jika kita mengetahui lubang keamanan yang terdapat pada website kita sebelum website tersebut dipublikasikan online dan dapat diakses publik. Pengujian dapat dilakukan manual dengan mempraktekkan cara-cara hacker pada website kita sendiri ataupun menggunakan tool yang dapat membantu menguji ketahanan website. Banyak tool yang tersedia di Internet, dari yang berbayar hingga yang gratis. Beberapa tool berikut ini, mungkin dapat mewakili cara kerja umum tool untuk menguji ketahanan website Anda.

Sebelum mempraktikkannya, sebaiknya Anda persiapkan terlebih dahulu backup website karena jika terdapat celah keamanan bisa jadi tool tertentu akan mengubah isi database.
Acunetix Scanner
Dengan alamat http://www.acunetix.com, Acunetix dapat melakukan scan lubang keamanan website dan menampilkannya dalam report yang cukup lengkap. Untuk melakukan scan, kita dapat men-download dan menginstall program Acunetix Web Vulnerability Scanner yang tersedia dalam versi berbayar dan gratis/free edition. Perbedaan versi berbayar dan gratis terletak pada banyaknya vulnerability yang mampu di scan.
N-Stalker Free Edition
Mirip dengan Acunetix, N-Stalker merupakan aplikasi scanner untuk menemukan celah keamanan website. Versi gratisnya di http://nstalker.com/products/free/download-free-edition dengan limitasi melakukan crawling pada seratus halaman dalam satu aplikasi web/URL.
HTTrack
Fungsi Httrack (http://www.httrack.com) adalah untuk men-download keseluruhan website agar dapat ditelusuri secara offline tanpa memerlukan koneksi internet. Tool ini melakukan crawling website dan menyimpannya pada local disk. Bahkan, jika website tersebut merupakan web dinamis, HTTrack akan menyimpannya dalam format HTML lengkap dengan image, CSS, Javascript, file-file multimedia dan lain-lain. Dalam hubungannya dengan siu keamanan, Anda dapat mencoba mendownload website Anda dengan HTTrack untuk melihat apakah terdapat file-file yang seharusnya tidak diizinkan untuk didownload atau tidak. Software lain yang memiliki fungsi yang mirip dengan HTTrack adalah Wget dan ScrapBook yang merupakan Add-on Mozilla Firefox.
Google
Search Engine Google juga bisa menjadi salah satu tool untuk menguji ketahanan website Anda. Pada software HTTrack, Anda dapat mendownload halaman web dan melihat apakah terdapat file-file berisi informasi sensitif seperti password, kartu kredit, dan lain-lain yang ikut terdownload, sedangkan pada Google Anda dapat mencari apakah file-file tertentu yang seharusnya tidak untuk publik dapat ditemukan oleh Google atau tidak. Waspadai jika Google dapat menemukan dokumen berisi informasi sensitif karena itu berarti siapa pun dapat menemukan dan mendapatkannya dari internet,
Firefox Web Developer
Karena web programmer sering bekerja dalam lingkungan browser, beberapa tool menyediakan toolbar pada browser untuk mempermudah pekerjaan mereka, termasuk untuk menguji ketahanan website. Salah satunya adalah Add-on bagi web developer yang menggunakan firefox. Untuk menginstalnya, Anda cukup mengakseshttps://addons.mozilla.org/en-us/firefox/addon/web-developer/ dengan Firefox dan mengeklik tombol Add to Firefix. Secara otomatis, add-on tersebut akan diinstal pada browser Firefox Anda.
Firefox Web Developer menyediakan banyak sekali fungsi untuk keperluan memeriksa halaman web, antara lain fungsi untuk memeriksa kesalahan JavaScript dan CSS ataupun melakukan validasi HTML, Link, ataupun Feed. Firefox Web Developer juga dapat digunakan untuk melihat source of JavaScript, meta tag dan sebagainya.
Fiddler
Fiddler merupakan aplikasi gratis yang dapat diakses di alamat http://www.fiddler2.com/fiddler2/. Fungsinya sebagai web debugging yang merekam traffic jaringan yang terjadi pada aplikasi browser (mendukung Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan berbagai browser populer lainnya). Fiddler membutuhkan .NET Framework 2.0 atau lebih tinggi agar dapat diinstal dan berjalan pada Windows.
Untuk menggunakannya, cukup jalankan aplikasi Fiddler yang sudah terinstall dan selagi Anda mengakses berbagai website dengan browser, layar fiddler akan menampilkan informasi-informasi detail. Fiddler mendukung integrasi add-on untuk memperkaya fiturnya. Salah satu add-on Fiddler yang berguna untuk pengujian ketahanan aplikasi web adalah Watcher (dari website Casaba yang beralamatkan di http://websecuritytool.codeplex.com/). Cukup dengan mendownload dan menginstall Watcher (dengan catatan Fiddler sudah terinstall), maka saat Anda akan membuka kembali aplikasi Fiddler, akan terlihat tab baru dengan nama Watcher.
Exploit-Me
Exploit-Me merupakan add-on browser Mozilla Firefox yang beralamatkan di http://labs.securitycompass.com/index.php/exploit-me/, terdiri atas tiga Add-on, yaitu:
Seusai namanya, add-on ini berfungsi untuk menguji  apakah terdapat exploit pada website kita atau tidak. XSS-Me akan mendeteksi celah kemanan XSS, SQL inject-Me akan mendeteksi celah keamanan SQL Injection, sedangkan Access-Me, akan memeriksa apakah terdapat celah keamanan yang menyebabkan penyerang dapat mengakses resource tanpa melewati otentifikasi atau tidak. Untuk menginstal ketiga add-on tersebut, Anda hanya mengakses tiap-tiap URL XSS-Me, SQL Inject-Me, dan Access-Me dan ikuti petunjuk penginstalannya. Setelah terinstal, berikut ini penjabaran penggunaan add-on tersebut.
XSS-Me dan SQL Inject-Me
Karena terintegrasi dengan browser Firefox sebagai add-on, penggunaan XSS-Me sangat mudah dilakukan. Karena XSS sering memanfaatkan form input, arahkan browser pada form input yang terdapat pada aplikasi web Anda. Klik kanan salah satu input text dan pilih menu Open XSS Me Sidebar, maka akan tampil sidebar atau panel baru (XSS Me) di sebelah kiri. Cara lain menampilkan panel ini adalah memilih menu Tools - XSS ME - Open XSS Me Sidebar pada browser Firefox.
SQL Inject Me bekerja dengan cara yang sama dengan XSS-Me. Aktifkan panel SQL Inject-Me dengan klik kanan input form dan pilih menu Open SQL Inject Me Sidebar atau jika dari Firefox, pilih menu Tools - SQL Inject Me - Open SQL Inject Me Sidebar.
Access-Me
Sedikit berbeda dengan dua Add-on sebelumnya, Access-Me tampil pada toolbar Firefox walaupun bisa diakses juga melalui menu Tools - Access Me melalui browser Firefox. Cara kerja Access-Me adalah mengirimkan beberpa request pada halaman yang dites dengan tujuan menemukan beberapa celah keamanan yang memungkinkan hacker memperoleh hak akses pada resource website.

1 comments:

jadi dengan menggunakan itu bisa tahu ya kalau websitenya aman atau tidak untuk dikunjungi??
http://cody.id/